Sabtu, 07 Juni 2014

6 Prinsip Desain Grafis


Desain grafis merupakan suatu porsi dari apa yang dilihat dan dirasakan pada tampilan suatu website. Desain grafis memiliki enam buah prinsip yang mendasar. Prinsip – prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Metaphor (Metafora)
Metaphora atau metafora adalah aplikaasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen- elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metafora akan membuat para pengunjung seolah-olah berada di tempat sebenarnya, atau bisa dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjung. Contohnya, website suatu toko online yang memiliki metafora, dimana pengunjug dibawa ketempat seolah-olah mereka benar berada di toko online tersebut.

2.      Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/ masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat, contohnya dalam peletakan suatu buttom, pembuatan harus memiliki alasan mengapa diletakan ditempat tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik, penggunaan background bewarna putih dianjurkan untuk memimpin mata dan membuat mata tidak leleah dengan aktifitas elemen yang ada pada suatu website.

3.      Consistency (Keterampilan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikonm typograph (model form yang digunakan pada suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antara layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

4.      Alignment (perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan, tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen windowjendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan perataannya.

5.      Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.

6.      Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membuat penaturan. Kontras juga mendukung skiming secara cepat.

Keenamprinsipdesaingrafis di atasakansangatberperanpentingdalam web yang akan kami buat,prinsip yang pertamayaitumetaforadalam web kami akanterdapatmetaforakarenaprinsipiniakansangatberdampakbesarterhadapkepopuleran web kami,kamimenggunakanmetafora agar orang-orang yang berkunjungkesitus web kami tidakjenuh. Kami akanmembuat orang tersebutseakanakanbenerbener di berikanpengarahanseperti guru kepadaparamuridmuridnya.
Yang keduayaitu clarity prinsipini kami gunakan agar web yang kami buatituterlihatlebihsederhanadantidakrumit,menggunakanperalatanatau button button yang di perlukansaja. prinsip yang ketigayaituconsistency,iniakansangatberguna agar web kami telihatlebihmenarikdenganpewarnaandankombinasiwarna yang akan kami sesuaikandengankegunaan web kami,prinsip yang keempatyaitu alignment akan kami gunakankarnahamir 70% isidari web kami yaitu text halini,prinsip yang ke lima yaitu proximity mungkintidakakan kami pakaikarna kami akanmempokuskansuatutampilankepadasatu item saja agar parapengunjungtidakkebingungandenganmaterimateri yang akan kami sajikan,prinsip yang selanjutnyayaitucontrast,prinsipinisangatberpengaruhbesarterhadapperkembangan web kami,karenasemakinbaguskombinasipewarnaan,keserasiantampilandansemakinbagustampilansuatu web ituakanmenjadidayatariktersendiribagiparapengujunguntukmelihatlebihdalamlagitentang web yang kami buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar