Senin, 21 Oktober 2013

telematika


 SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL
(Digital Home Security System)

 Teknologi digital telah semakin banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi digital merupakan teknologi informasi yang menggunakan prinsip logika biner dalam melakukan pengolahan dan pertukaran datanya. Salah satu penerapan dari teknologi digital adalah untuk mengawasi rumah dari aksi pencurian. Dengan teknologi digital, seorang pemilik rumah dapat mengetahui informasi mengenai aksi pencurian yang hendak dilakukan di rumahnya, dengan harapan pemilik rumah dapat melakukan tidak preventif secepatnya untuk mencegah aksi pencurian tersebut.
Pada tulisan ini telah dapat dibuat sebuah sistem untuk mengawasi rumah dari aksi pencurian dengan menggunakan 2 jenis sensor yang dipasangkan pada pintu-pintu dan jendela utama. Seluruh sensor terhubung ke sebuah server untuk memproses sinyal darurat yang dikirimkan oleh sensor.
Sistem keamanan rumah ini dapat merekam informasi mengenai aksi pencurian yang hendak dilakukan ke dalam sebuah database dan melakukan penyalaan alarm secara otomatis ketika sensor mendeteksi keberadaan pencuri, Selain itu sistem ini juga dapat mengirimkan pesan SMS kepada pemilik rumah mengenai informasi tersebut.

SIMULASI KOMPUTER PERHITUNGAN NILAI DAN TOLERANSI RESISTOR
 Telah dibangun suatu Simulasi komputer yang digunakan untuk menghitung nilai dan toleransi suatu resistor. Simulasi ini dibangun dengan menggunakan konsep bahwa tegangan adalah perkalian antara arus dengan resistansi. Dalam perhitungannya, resistansi merupakan tabel yang menunjukkan warna gelang. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Perangkat lunak Visual Basic 6.0. Hasil simulasi adalah sebuah interface dengan input berupa pilihan button untuk gelang I sebagai digit pertama, gelang II sebagai digit kedua, gelang III sebagai nilai 10n dan gelang IV sebagai nilai toleransi. Dengan memilih menu pada semua button dan memilih menu hitung, maka akan muncul hasil berupa nilai resistor dan nilai toleransi. Hasil simulasi ini dapat digunakan sebagai penentuan rancangan rangkaian elektronika dan dapat digunakan sebagai alat bantu ajar pada pelajaran elektronika dasar.

DALAM RENCANA PENETAPAN DAN PENEMPATAN JABATAN STRUKURAL

Sistem Pendukung Keputusan dalam Rencana Penetapan dan Penempatan Jabatan structural menyediakan informasi pegawai yang bisa atau tidak bisa dicalonkan sebagai pejabat struktural akademik. Perancangan system ini dibagi menjadi tiga subsistem : subsistem basis data, subsistem model dan subsistem dialog. Perancangan subsistem basis data dengan merelasikan data yang ada dalam daftar riwayat hidup pegawai, subsistem model metode pendekatan peraturan pegawai yang meliputi : kepangkatan, pendidikan, jabatan tenaga pengajar, masa kerja, usia dan kemampuan berbahasa inggris, rancangan antar muka disediakan bagi pengguna untuk berinteraksi dengan system.
Sistem ini juga dapat digunakan untuk melihat biodata pegawai, membuat daftar nominative.




FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

RANGKUMAN :
Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.  Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).  Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital.

Saat ini Telematika muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan interaksi di antara manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui aplikasi Information and Communications Technology (ICT).Contohnya saja E-commerce Salah satu bidang yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika adalah bidang ekonomi.

1.    E-Government ( admnistrasi pemerintahan secara elektronik ) adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Contoh nyata dari program e-government ini adalah adanya badan khusus yang mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.
2.    E-commerce ( transaksi jual beli secara elektronik ) merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet.
3.    E-learning ( pendidikan terbuka dengan metode jarak jauh ) merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya.

Semua itu mungkin telematika berbasis web, sedangkan diluar itu masih banyak lagi, seperti GPS ( Global Positioning System ), kompas digital, sistem navigasi dan lain sebagainya.
Mengingat besarnya penggunaan telematika dalam berbagai bidang, maka akan banyak memberikan dampak luas bagi masyarakat umum, khususnya dalam effisiensi waktu produktif, pemerataan distribusi, menyuguhkan banyak pilihan telematika dan sebagainya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tanpa disadari telematika sebenarnya telah hidup dalam kegiatan sehari-hari masyarakat banyak apa lagi jika mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka dampak dari telematika ini akan semakin besar pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar