Senin, 10 Juni 2013

proposal penulisan ilmiah obat herbal

1.1. Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, kemudahan dalam mengakses informasi merupakan salah satu kebutuhan penting dalam masyarakat,salah satunya adalah telephone dan handphone tidak hanya dapat digunakan untuk menelpon dan mengirim sms saja, tetapi juga dapat membantu kegiatan sehari-hari. Hal ini menyebabkan banyak para produsen handphone bersaing dengan membuat sistem operasi yang digunakan pada telepon seluler (ponsel), antara lain Blackberry OS, Symbian OS, iOS, Linux, dan juga Android. Android salah satu OS yang sedang digemari masyarakat karena memberikan aplikasi yang gratis. Sejalan dengan perkembangan tekhnologi ilmu pengetahuan tentang pengobatan yang berkembangan baik secara tradisional maupun modern, kesadaran masyarakat akan bahayanya obat-obatan yang mengandung zat kimiawi sintetis pun sedikit demi sedikit mulai terbuka dan tersadarkan. Masyarakat mulai beralih ke pengobatan Alamiah yang obat-obatnya semua bersumber dari alam.
Oleh  karena  itu  alangkah  baiknya  mengetahui  beberapa  tanaman  yang  sangat  bermanfaat  yang  tanpa  sadar  ternyata ada  disekitar lingkungan. Tanaman tersebut dapat  digunakan  sebagai  obat  atau  penyembuh  yang  alami  atau  biasa  disebut  dengan  Herbal.
Dari paparan di atas, penulis melihat bahwa Android sangat berpotensi untuk dikembangkan. Sehingga, pada penulisan ilmiah ini penulis akan membahas mengenai pembuatan aplikasi android mengenai informasi tanaman obat dan cara mengelolahnya.

1.2. Batasan Masalah
Beberapa batasan yang ada di penulisan ini adalah:
-        Pemrograman dilakukan pada sistem operasi Android, sehingga tidak dapat digunakan pada sistem operasi lain.
-        Aplikasi yang dibuat oleh penulis mengambil sampelnya hanya 50 macam tanaman obat.

1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dalam penulisan ini adalah membuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai tanaman obat dan cara membuatnya menjadi ramuan yang dapat digunakan. Dengan ini semua orang akan lebih tertarik untuk mengetahui tanaman obat dan cara mengelolahnya.

1.4. Metode Penulisan
Metode penulisan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
-        Analisis
Pada tahap ini, penulis melakukan pengumpulan informasi mengenai teknik pemograman Android dengan membaca buku tentang Android dan pemograman sederhana serta melakukan eksplorasi melalui media internet
-        perancangan
Dalam tahap ini penulis melakukan tahapan selanjutnya yaitu mengistal software dan hardware yang digunakan.
-        Spesifikasi software : eclipse-java-galileo-win32, ADT-8.0.1, SDK Manager, starUML, Photoshop 4
-        Spesifikasi hardware :1 unit laptop pribadi dan minimal memiliki kapasitas memori RAM 1 GB,dan 1 unit handphone Android pribadi.
-        Implementasi
Pada tahap ini, penulis menerapkan hasil perancangan ke dalam suatu bahasa pemrograman dengan menggunakan IDE Eclipse.
-        Testing
Program yang dihasilkan dari tahapan implementasi kemudian diuji, agar fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar.



1.5. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membagi penulisan menjadi 4 (Empat) bab dengan uraian sebagai berikut:
-        BAB 1 Pendahuluan
Bab ini mengemukakan latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
-        BAB 2 Landasan Teori
Bab ini penulis membahas tentang teori apa saja yang digunakan dalam pembuatan program aplikasi.
-        BAB 3 Pembahasan
Bab ini menguraikan bagaimana penulis membuat suatu rancangan aplikasi dengan menggunakan flowchart disertakan pembahasan mengenai class dan method yang ada pada Android dengan yang dipakai dalam program yang dibuat.
-        BAB 4 Penutup
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran dari apa yang penulis kemukakan pada bab-bab sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar